selamat datang sumber beljar

SELAMAT DATANG

SUMBER BELAJAR DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN


SUMBER BELAJAR DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN

I.            PENDAHULUAN
Dalam konteks teknologi pembelajaran, sumber belajar merupakan komponen sistem pembelajaran yang merupakan sumber-sumber belajar yang di racang terlebih dahulu dalam proses desain atau pemilihan dan pemanfaatan, dan di kombinasikan menjadi sistem pembelajarang yang lengkap untuk mewujudkan terlaksananya proses belajar yang bertujuan dan terkontrol.
Pentingnya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran tidak bisa kita pungkiri lagi. Akan tetapi, sumber- sumber belajar yang ada di sekolah dan lembaga pendidikan lain selama ini, umumnya belum dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal. Padahal, berbagai sumber belajar tersebut hanya akan berdaya guna jika sudah di kelola dan difungsikan secara maksimal dan  terorganisasi dalam bentuk Learning Resource Center atau pusat sumber belajar di setiap sekolah, perguruan tinggi maupun di lembaga pendidikan lainnya.[1]
II.            RUMUSAN MASALAH
1.      Pengertian sumber belajar ?
2.      Sumber-sumber belajar dan fungsinya sumber belajar?
3.      Fungsi dan manfaat perpustakaan ?
III.            PEMBAHASAN
1.    Pengertian sumber belajar
Belajar adalah suatu proses yang kompleks dan terjadi pada orang serta berlangsung seumur hidup.[2] Menurut association educational communication and technology (ACET) sumber belajar adalah berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang atau wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar, semua sumber belajar yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk kelompok. Biasanya dalam situasi informasi untuk memberikan fasilitas belajar, menurut sudjana pengertian  sumber belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Secara sempit diarahkan dalam bahan cetak, sedangkan secara luas tidak lain adalah daya  yang bias dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.[3]
Dalam konsep belajar sebagai suatu upaya atau proses perubahan perilaku seseorang sebagai akibat interaksi peserta didik dengan berbagai sumber belajar yang ada disekitarnya. Proses belajar pada hakekatnya terjadi dalam diri peserta didik yang bersangkutan, walaupun proses berlangsung dalam kelompok. Konsep belajar adalah mengingat, memahami, menerapkan (melakukan, kentrampilan pratik), dan pengembangan diri. Aspek yang harus dikembangkan dalam belajar adalah semua yang ada pada manusia. Menurut howard gardner manusia manusia mempunyai delapan kemampuan yaitu verbal, logical, visual, interpersonal bodily, dan naturalist. Setiap individu memiliki kedelapan kecerdasan tersebut, tetapi dalam tingkat berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam pembelajaran perlu mengembanngkan keseluruhan kecerdasan itu menjamin peserta dididk menjadi juara. Dalam proses belajar bersifat individual dan kontekstual artinya dalam proses belajar terjadi dalam peserta didik sesuai dengan perkembangannya dan lingkungannya[4]

2.    Sumber-sumber belajar dan fungsinya sumber belajar
1.    Sumber-sumber belajar
a.    Pesan adalah sumber belajar yang meliputi pesan formal dan nonformal. Pesan formal yaitu pesan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi atau pesan yang disampaikan guru dalam situasi pembelajaran, yang disampaikan baik secara lisan maupun dalam bentuk dukumen, seperti peraturan pemerintah, kurikulum, silabus,bahan pelajaran, dan sebagainya. Pesan nonformal adalah pesan yang ada di lingkungan masyarakat luas yang dapat digunaka sebagai bahan pembelajaran, seperti cerita rakyat, dongen, hikayat,dan sebagainya.
b.    Orang adalah orang yang menyimpan informasi. Pada dasarnya setiap orang bisa berperan sebagai sumber belajar, namun secara umum dapat dibagi dua kelompok, yaitu (a). orang yang didesain khusus sebagai sumber belajar utama ang dididik secara professional, seperti guru, instruktur, konselor,widyaiswara,dan lain-lain, (b). orang yang memiliki profesi selain tenaga yang berbeda dilingkungan pendidikan, seperti dokter,atlet, pengacara, arsitek, dan sebagainya.
c.    Bahan adalah merupakan perangkat lunak (software) yang mengandung pesan-pesan pembelajaran yang biasanya disajikan melalui peralatan tertentu ataupun oleh dirinya sendiri. Seperti buku teks, modul, transparansi, kaset,program slide suara, (programmed instruction) pembelajaran berbasis computer, film dan lain-lain.
d. Alat adalah perangkat keras (hardware) yang dignakan untuk menyanjikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Yaitu OHP, proyektor slide, tape recorder, video,/CD player, computer, dan lain sebagainya.
e.  Teknik adalah prosedur atau langkah-langkah tertntu yang disiapkan dalam menggunakan bahan, alat, lingkungan dan orang yang menyampaikan pesan. Misalnya demonstrasi diskusi, pratikkum, pembelajara mandiri, sistem  pendidikan terbuka atau jarak jauh, tutorial tatap muka dan sebagainya.
f.  Latar/lingkungan adalah lingkungan yang ada di dalam sekolah maupun yang di luar sekolah, baik yang sengaja dirancang maupun yang tidak secara khusus disiapkan untuk pembelajaran, seperti ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun, toko, museum, kantor dan sebagainya.[5]

2.    Fungsi sumber belajar
1)        Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan:
a)   Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
b)    Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
2)     Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara :
a)      Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
b)      Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
3)     Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara:
a)      Perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
b)      Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
4)     Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan:
a)      Meningkatkan kemampuan sumber belajar.
b)       Penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
5)     Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu:
a)      Mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit.
b)      Memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
6)     Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.[6]

3.    Pengertian perpustakaan
            Adapun definisi mengenai perpustakaan. Secara bahasa perpustakaan berasal dari kata dasar pustaka, yang mendapat imbuhan per-an, sehingga dapat diartikan sebagai tempat atau kumpulan bahan pustaka. Sedangkan bahan pustaka adalah wadah informasi yang dapat berupa buku dan non buku.[7]
            Sedangkan secara istilah Sugiyanto menyatakan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.
            Menurut RUU Perpustakaan pada bab 1 pasal 1 menyatakan perputakaan adalah institusi yang mengumpulakan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melaui beragam cara interaksi pengetahuan.
            Dari beberapa pernyataan diatas dapat disimpulakan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka baik berupa buku-buku maupun buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.[8]

4.    Fungsi perpustakaan dan manfaat perpustakaan
a.    Fungsi perpustakaan
Secara umum perpustakaan mengembangkan beberapa fungsi umum :
a)    Fungsi informasi yaitu perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam maupun koleksi lainnya, semua ini akan memberikan informasi atau keterangan untuk murid-murid.
b)   Fungsi pendidikan yaitu perpustakaan menyediakan informasi yang meliputi bahan cetak, terekam maupun koleksi lainnya uantuk menerapkan tujuhan pembelajaran.
c)    Fungsi kebudayaan yaitu perpustakaan menyediakan berbagai yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfatkan berbagai informasi sebagai rekaman budaya bangsa untuk meningkatkan taraf  hidup dan mutu kehidupan manusia baik secara individu maupun secara kelompok.[9]
b.   Manfaat perpustakaan
          Manfaat perpustakaan baik yang di selenggarakan disekolah dasar, maupun di sekolah menengah ataupun di universitas sebagai berikut :
a)      Perpustakaan dapat menimbulkan kecintaan seseorang dalam membaca.
b)      Perpustakaan dapat memperkaya pengalaman belajar lebih luas.
c)      Perpustakaan dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri dan akhirnaya bisa/ mampu belajar mandiri.
d)     Perpustakaan dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
e)      Perpustakaan dapat memperlancar dalam menyelesaikan tugas-tugas murid.
f)       Perpustakaan dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran.
g)      Perpustakaan dapat membantu semua kalangan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.[10]

IV.            ANALISIS
Sumber belajar sangat penting untuk kelangsungan program belajar dan kecerdasan, juga sebagai sarana melestarikan budaya bangsa. Sumber belajar dalam pengajaran adalah daya, lingkungan, pengalaman yang dapat digunakan  dan dapat mendukung proses pengajaran secara lebih efektif dan efesian, seta dapat memudahkan pencapaian terjadi pengajaran atau belajar baik langsung maupun tidak lanngsung, sumber belajar itu menjadi salah satu komponen sistem pengajaran.oleh karena itu harus bekerjasama, saling berhubungan dan saling ketergantungan dengan komponen pengajaran lainnya. Pusat sumber sendiri adalah perpustakaan dapat menjadikan mahasiswa meningkatkan kreatifitasnya dalam mendapatkan informasi. Maka dari itu jangan di sia-siakan adanya perpustakaan yang disediakan dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena perpustakaan dapat membantu menambah pengetahuan kita atau informasi yang akurat.
Perpustakaan yang baik harus menjadi Suatu unit yang manpu menyediakan sumber-sumber yang pencapaian pembelajaran yang lebih baik. Dalam proses belajar dan megajar modern yang memakai pendekatan melalui berbagai media,perpustakaan harus menjadi pusat bahan-bahan mengembangka minat peserta baca para pelajar yang ingin memperluas pengetahuan dan pengalaman.

V.            KESIMPULAN
Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberikan kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya. sumber belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Secara sempit diarahkan dalam bahan cetak, sedangkan secara luas tidak lain adalah daya  yang bias dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
a)    Sumber-sumber belajar
·      Pesan adalah sumber belajar yang meliputi pesan formal dan nonformal.
·      Orang adalah orang yang menyimpan informasi.
·      Bahan adalah merupakan perangkat lunak (software) yang mengandung pesan-pesan pembelajaran yang biasanya disajikan melalui peralatan tertentu ataupun oleh dirinya sendiri.
·      Alat adalah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menyanjikan pesan yang tersimpan dalam bahan
·      Teknik adalah prosedur atau langkah-langkah tertntu yang disiapkan dalam menggunakan bahan, alat, lingkungan dan orang yang menyampaikan pesan.
·      Latar/lingkungan adalah lngkungan yang ada di dalam sekolah maupun yang di luar sekolah, baik yang sengaja dirancang maupun yang tidak secara.
b)   Fungsi sumber belajar.
·      Meningkatkan produktivitas pembelajaran.
·      Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual.
·      Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas.
·      Lebih memantapkan pembelajaran.
·      Memungkinkan belajar secara seketika.
·      Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran .
c)    Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka baik berupa buku-buku maupun buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.
d)   Fungsi perpustakaan
  • Fungsi informasi yaitu perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak semua ini akan memberikan informasi atau keterangan
  • Fungsi pendidikan yaitu perpustakaan menyediakan informasi yang meliputi bahan cetak, terekam maupun koleksi lainnya untuk menerapkan tujuhan pembelajaran secara kelompok.
  • Fungsi kebudayaan yaitu perpustakaan menyediakan berbagai yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfatkan berbagai informasi sebagai rekaman budaya bangsa untuk meningkatkan taraf  hidup dan mutu kehidupan manusia baik secara individu maupun
e)    Manfaat perpustakaan
·         Menimbulkan kecintaan dalam membaca.
·         Memperkaya pengalaman dan belajar lebih luas.
·         Menanamkan kebiasaan belajar mandiri dan akhirnaya bisa/ mampu belajar mandiri.
·         Mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
·         Memperlancar dalam menyelesaikan tugas-tugas murid.
·         Membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran.
·         Membantu semua kalangan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi


VI.            PENUTUP
Demikian makalah yang dapat saya susun, terkait dengan sumber belajar dan perpustakaan sebagai komponen sistem pengajaran. Saya menyadari penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kata “sempurna”. Maka dari itu kritik dam saran yang sifatnya membangun, sangat saya harapkan demi perbaikan penyusunan makalah yang baik. Semoga makalah ini bermanfaat khususnya buat pemakalah dan umumnya untuk pembaca. Amin





SUMBER BELAJAR DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN

MAKALAH

Disusun guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu: H. Dr. Fatah Syukur. M.Ag


 

Disusun Oleh :

WIDAYAT    093111117

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
                                                      SEMARANG
2011


 
DAFTAR PUSTAKA
Warsita, Bambang,Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya,(Jakarta:  Rineka Cipta,2008)
Darmono, Perpustakaan Sekolah: pendekatan aspek manajemen dan tata kerja, (Jakarta: PT Grasindo, 2007)
Bafadal, Ibrahim, pengolahan perpustakaan sekolah, (Jakarta: PT. Bumi Aksara,2005
Pujiriyanto, Otomasi Perpustakaan, (Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakjarta, 2005)
Soetminah, Perpustakaan Kepustakaan dan Pustakawan, (Yogyakarta: Kanisius, 1990)
Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2010)


[1] Bambang Warsita,Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya,(Jakarta:  Rineka Cipta,2008),hml,. 207
[2] Bambang Warsita,Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya,,hml,. 208

[3]http://www.belalangtua.wordpress.com/2010/11/pengertian-sumber-belajar/29/10/2011/10:25
[4] Bambang Warsita,Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya,(Jakarta:  Rineka Cipta,2008),hml,. 208

[5] Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2010),hlm.228-230
[6]http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/15/sumber-belajar-untuk-mengefektifkan-pembelajaran-siswa/30/10/2011/10:22
[7] Soetminah, Perpustakaan Kepustakaan dan Pustakawan, (Yogyakarta: Kanisius, 1990), hlm. 15.
[8] Pujiriyanto, Otomasi Perpustakaan, (Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakjarta, 2005), hlm. 37.

[9] Darmono, Perpustakaan Sekolah: pendekatan aspek manajemen dan tata kerja, (Jakarta: PT Grasindo, 2007), hlm. 04.

[10] Ibrahim Bafadal, pengolahan perpustakaan sekolah, (Jakarta: PT. Bumi Aksara,2005),hlm.5-6